Hukrim

Polda Riau Patroli Sekala Besar Jelang Nataru: Beri Rasa Aman dan Nyaman Kepada Masyarakat

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Demi memberikan rasa aman dan nyaman saat melaksanakan ibadah Natal, Kepala Satuan Tugas Operasi Daerah (Kasatgasopsda) Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat pimpin Operasi Lilin Lancang Kuning 2023. 

Pengamanan ini dilakukan terhadap beberapa gereja yang berada di wilayah Kota Pekanbaru, untuk memastikan kondisi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas di seputaran tempat ibadah.

"Hari kita melaksanakan kegiatan patroli skala besar dalam rangka pengamanan Natal 2023 di Kota Pekanbaru. Adapun tujuannya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak melaksanakan Ibadah Natal," kata Taufik, Sabtu (23/12/2024).

Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan atas intruksi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, agar masyarajak merasa nyaman saat merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Operasi ini, Polda Riau menerjunkan personel gabungan dengan jumlah kekuatan ops lilin yang di turunkan sebanyak 2.808 personel. Terdiri 1.101 polri dan 1.707 instansi terkait, dan jumlah Pos Pengamanan sebanyak 36 titik dan jumlah Pos Pelayanan sebanyak 18 titik," jelas Taufik.

Personel Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 yang dipimpin Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat selaku Kasatgasopda Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 melaksanakan pengecekan gereja-gereja guna memastikan kesiapan personel dan keamanan di lingkungan tempat ibadah tersebut. 

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, baik yang melaksanakan Perayaan Natal 2023 maupun masyarakat yang hendak berlibur. Baik yang keluar dari Provinsi Riau dan maupun yang berkunjung, tetap jaga keselamatan dan kesehatan agar kita bisa antisipasi hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Kemudian bagi pengendara yang hendak bepergian ke luar kota, Taufik meminta agar pengendara memastikan kondisi kendaraannya sehat, lengkap surat diri dan surat kendaraan yang digunakan.

"Saat ini kondisi cuaca musim hujan, dan bila kondisi dalam keadaan lelah silahkan manfaatkan tempat istrahat di pos Pam dan Pos Yan. Ingat, utamakan keselamatan dari pada kecepatan, karena keluarga anda menunggu dirumah, keselamatan yang pertama dan utama," pungkas Taufik.